Bagian Bagian Vape / Vapor, Komponen dan Fungsinya Masing-Masing

Komponen Vapor – Bagian bagian dari vape sangatlah banyak, karena vape itu tersusun dari beberapa komponen dan apabila salah satu komponen tersebut tidak maka sudah tidak bisa digunakan lagi untuk vaping. Bagian komponen dari vape sendiri terdiri dari 3 bagian utama, yaitu atomizer, mod, baterai dan liquid.

ATOMIZER

Atomizer merupakan salah satu komponen vape yang digunakan untuk menghasilkan vapor (uap). Atomizer adalah tempat dari liquid yang didalamnya terdapat coil dan wick (kapas). Coil merupakan gulungan kawat yang memiliki fungsi untuk memanaskan liquid, sedangkan kapas merupakan tempat peresapan dari liquid.

Atomizer sendiri terdiri 3 jenis yaitu :

  1. RTA

RTA adalah singkatan dari rebuildable tank atomizer. Jadi jenis atomizer ini merupakan atomizer yang mempunyai tank. Pada umumnya tank ini terbuat dari kaca, apabila anda kurang berhati-hati maka bisa pecah. Anda pun bisa menampung liquid yang jauh lebih banyak dibandingkan menggunakan RDA. Namun kekurangan dari atomizer jenis ini adalah cloud yang di hasilkan lebih sedikit dibandingkan menggunakan RDA.

  1. RDA

RDA adalah singkatan dari rebuildable dripping atomizer. Jadi untuk mengisi liquid anda harus sering-sering untuk mendripping atau meneteskan liquid. Meskipun anda harus sering-sering ngedrip, kelebihan dari atomizer jenis  ini yaitu uap yang dihasilkan jauh lebih banyak dibandingkan dengan RTA.

  1. RDTA

Nah kalau atomizer jenis ini merupakan gabungan dari jenis RTA dan RDA. Namun apabila tank pada RDTA ini pecah masih bisa digunakan, berbeda dengan RTA. Jadi fungsinya nanti hampir seperti RDA.

Note: ini adalah gambaran secara umum, untuk hasil cloud ataupun flavor itu tergantung dari liquid yang anda gunakan, wire (kawat), settingan, bahan atomizer dan juga performa dari device anda.

MOD

Mod adalah bagian badan, bagian utama dari vape yang didalamnya terdapat baterai dan rangkaian listrik yang digunakan untuk dapat menyalurkan arus listrik kedalam atomizer.

Mod vape sendiri memiliki 2 jenis, yaitu electrical dan mechanical. Untuk mengetahui perbedaan tentang kedua mod ini silahkan baca pada link artikel dibawah ini:

BATERAI

Baterai adalah sumber energi yang nantinya arus listrik akan disalurkan ke atomizer untuk dapat memanaskan coil, sehingga liquid bisa berubah menjadi uap.

Karena vape merupakan sebuah perangkat yang memerlukan energi cukup besar, jadi baterai yang digunakan pun tidak boleh sembarangan baterai.

LIQUID
Anda sudah punya mod, atomizer dan baterai. Tanpa punya liquid percuma saja, anda tidak bisa vaping. Soalnya liquid merupakan cairan khusus yang dibuat untuk vape untuk menghasilkan uap.

Banyak sekali jenis dan rasa dari liquid ini. Ada yang mengandung nikotin maupun tidak. Rasanyapun juga banyak sekali, seperti rasa susu coklat, strawbery, buah-buahan, ataupun rasa yang seperti rokok pada umumnya. Anda dapat membelinya sesuai selera lidah.

Alat-Alat Tambahan

Dalam penggunaan vape perlu adanya alat-alat tambahan agar penggunaanya pun lebih mudah. Seperti Charger eksternal, Obeng dan Pinset. Obeng dan pinset ini digunakan untuk membuat coi. Apabila anda malas membuat sendiri dan pilih membawanya ke vape shop ya tidak perlu alat ini.

Demikian artikel tentang komponen komponen vape. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Kata kunci:

bagian bagian vapor dan gambarnya,bagian dan fungsi vape,komponen vapor,bagian vape,bagian bagian vape,komponen vape,komponen dari MOD vapor,bagian bagian vape beserta fungsinya,bagian bagian vapor,bagian bagian vapor electical