Penambangan Batu Bara KPC di Sangatta

Alat berat itu berada di tengah tambang batu bara. Namanya Liebherr jenis 9800, ekskavator raksasa bikinan Jerman seberat 260 ton. Sekali ayun, alat berat seharga US$ 5 juta itu sanggup merengkuh material 45 mtr. kubik atau 70 ton. Tdk jauh dari Liebherr, ada ekskavator yg lebih kecil buat mengeruk serta mengusung batu bara dari susunan bebatuan.

Itu selintas panorama yg ditonton Beritasatu. com waktu mendatangi tempat penambangan batu bata PT Kalimantan timur Sempurna Coal (KPC) di Kutai Timur, Kalimantan Timur, Jumat (26/4/2019) . Luas tambang ini kurang lebih 2, 5×1 km dengan kedalaman lebih dari 300 mtr..

Ditambang mulai sejak 2009, cadangan batu bara di ruang ini diperhitungkan akan habis tahun 2030. Pada beberapa tahun awal, penambangan cuma empat lima mtr. telah dapatkan batu bara memiliki kualitas. Kian ke, kian besar ongkos operasional. Di kedalaman lebih 300 mtr., penambangan batu bara gak dapat efektif. Akan tetapi, KPC masih mempunyai daerah konsesi yg luas. Dari sumber daya batu bara sebesar 7 miliar ton lebih, cadangan batu bara yg dapat diangkat kurang lebih 1, 178 miliar ton, yg menyebar di Sangatta 947 juta ton serta Bengalon 230 juta ton.

Baca Artikel Lainnya : harga bata merah sidoarjo

Bengalon pun terdapat di Kutai Timur. Mulai sejak 2017, Liebherr gak dipakai lantaran boros bahan bakar serta mahalnya perawatan. Buat mengeruk serta mengusung bebatuan, KPC memakai dump truck bikinan Jepang, ialah Hitachi Euclid EH4500 serta beberapa model ekskavator yang lain. Liebherr nomer seri yg sama cuma ada lima di dunia, tiga salah satunya berada di KPC, di Australia.

Tiap hari, pekerjaan di tambang ini menyertakan sembilan ekskavator penggali tanah serta 76 truk pengeruk batu bara. Bongkahan tanah serta batu yang perlu dipindahkan dan batu bara diangkut oleh 200 dump trucks. Kemampuan angkut tiap-tiap dump truck 290 ton. Keseluruhan kendaraan alat berat di KPC kurang lebih 2. 560 unit.

Semua kendaraan berat ini dioperasikan beberapa sopir Indonesia, salah satunya 25 wanita. “Perempuan yg telah menikah juga masih dipercayakan buat mengemudikan kendaraan sepanjang mereka sehat bugar serta bersedia kerja, ” kata koordinator pekerja di ruang tambang.

Waktu situasi alam beri dukungan, tdk ada hujan, iringan dump truck terlihat bergerak indah. Tiap-tiap dump truck sanggup mengusung 290 ton beban. Di samping harga dump truck kurang lebih US$ 2 juta, ongkos perawatan pun mahal. Harga satu ban dump truck dengan tinggi 3, 4 mtr. itu kurang lebih US$ 50. 000. Satu dump truck memakai enam ban.

Tiap hari, beberapa ratus ribu material diangkut oleh beragam style kendaraan berat. Material tanah serta bebatuan disimpan di tempat spesifik serta seusai penambangan tuntas, material itu dikembalikan ke tempat asal. Dan kurang lebih 170. 000 ton batu bara diangkut ke tempat pemrosesan tiap hari.